0 Comment

Alam indonesia sangatlah luas dengan berbagai macam aneka ragam. kecanduan bukan tanpa alasan menatap indahnya panorama alam yang hanya sebagian kecil yang masih terjamah oleh kaki. Aku berasal dari gayo aceh, dimana daerah ini terkenal dengan sebutan negeri di atas awan, ya karena memang wilayah berada di dataran tinggi aceh tengah. alam yang begitu segar selalu menyapa pagi yang indah itu, angin menghembus dengan sayup-sayup semerbak daun yang tertiup, begitulah kira-kira gambaran yang ku tangkap di pagi hari.

lalu berbicara tentang travelling sebenarnya pada awal mula tidak tahu cara melihat keindahan lain yang ada di tempat lain selain harus mengunjungi tempat itu sendiri, ya walupun
 jelas berbeda rasanya, namun minimal bisa melihat sekilas keindahan itu sendiri. banyak media yang menayangkan keindahan alam sebenarnya. tak dapat juga di pungkiri tergantung media mana yang akan kita jadikan alat untuk memandang itu secara khusus. 
sebut saja langsung kali ini ada sebuah website yang memang berfokus pada perjalanan. namanya Travelblog.id . dari sisi nama sudah jelas adalah tentang perjalanan dan juga apa saja pengalaman yang ada dalam sebuah perjalanan. situs ini memberikan pengalaman lain untuk merasakan aroma sedap pemandangan yang membuat kaki hendak melangkah ke tepat tujuan. alam seperti mengundang lewat Travelblog.id ini.  dengan kata lain Travelblog.id merupakan sarana blog travel dan wisata yang menyediakan wadah bagi para Traveller ataupun wiatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman.

pengalaman-pengalaman itu mungkin diantara kita sudah biasa melihat keindahan yang ada, namun ada yang menarik yang di tawarkan ataupun yang ditampilkan oleh situs yang mulai dibuat dan beroperasi sejak 2014 ini adalah hal unik yang ada di nusantara indonesia.


untuk mengetahui apa saja yang ada di situs Travelblog.id ini kita bisa melihat tampilan awal yang elegan sekali. Dengan data yang terlihat dari Situs Builtwith yang memaparkan bahwa CMS yang digunakan oleh Travelblog.id ini adalah Wordpress. Tampil ramping dengan banyak fitur/menu yang digunakan. Untuk Akses langsung bisa Kunjungi di http://www.travelblog.id 
(Halaman Awal Website Travelblog.id)



Seperti pada gambar menu yang terdapat pada Travelblog ini 5 menu pokok selain dari “Sign in” Untuk masuk ke akun. 5 menu pokok tersebut yang bisa dijamah dengan mengklik bagian menu mana yang akan di tinjau.

Kita mulai dari Menu “jalan-jalan” atau bisa di tuju langsung di lihat disini




Di menu ini pengunjung akan melihat dan mungkin merasakan betapa indahnya alam di negeri ini. Gambar  penyambut yang begitu memanjakan mata. Dan banyak tempat lain yang juga terpapar di menu JALAN-JAlAN ini.

Berikutnya ada Menu : “KULINER




Nah kalau yang menu satu ini sepertinya memang benar-benar menu sungguhan “Menu Makanan” (Ah jadi lapar, haha). Di menu ini Menampilkan Makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Terlihat disana ada “Soto Mie Bogor” yang memang asli dari bogor. Dokumentasi itu sendiri di ambil oleh para pengunjung yang berdestinasi disana. Dengan adanya forum berbagi ini maka ha itu akan membantu kita mengetahui makanan-makanan khas dari suatu daerah.


Selanjutnya ada Menu “TIPS Dan INFO” 


Disini menampilkan cara-cara dan informasi tentang persiapan untuk melakukan perjalanan ke sebuah tempat. Info tersebut bisa berupa apa saja yang harus ada ketika melakukan perjalanan agar perjalanan lancar. Mulai dari persiapan Dana misalnya, yang mana Tips dan Info ini menyarankan dan memperhitungkan dengan dana yang minim juga bisa melakukan perjalanan dengan kata lain ini adalah tips liburan murah yang meskipun memang perjalanan adalah hal yang konsumtif maka di tips dan info ini bisa dilihat apa saja cara untuk meminilisir hal itu.
Cara-cara tersebut di rangkum secara visual dalam sebuah video yang menampilkan tahap-tahap persiapan tu senidiri. Selain dari itu juga terdapat tips tentang perjalanan tentang bagaimana melakukan perjalanan melalui transportasi darat, baik itu bis, kereta dan lainnya. 

Lalu ada menu “SENI danBUDAYA” 


Di menu Seni dan Budaya ini sudah jelas sekali memang akan memperlihatkan kekayaan Indonesia dai sisi budaya yang ada. Paparan yang ditambilkan berupa tarian khas dari suatu daerah dan mungkin pelosok negeri yang selama ini jarang diketahui.
Seperti di halaman awal Seni dan Budaya ini contonhnya langsung bisa kita lihat Tarian yang ada di Dharmasraya Sebuah Provinsi Sumatera Barat, dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk selanjutnya ada Menu “PANDUAN



Secara Teknis Menu panduan ini menampilkan cara-cara bagi Traveller yang akan membagikan ceritanya ke situs Travelblog.id ini sendiri. Berdasarkan gambar tersebut disana ada ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi oleh pembuat Artikel Travelblog.id .

Pada Menu Sign In sudah kita ketahui bersama bahwa ini adalah untuk mendaftarkan diri sebagai kontributor untuk membuat artikel di situs Travelblog.id.

Dari form yang tersedia bisa saja login langsung melalui akun Facebook dan Google+.

Setelah kita mempunyai akun Travelblog.id secara otomatis kita sudah menjadi salah satu pengguna atau user. lalu kita akan melihat lebih dalam apa saja fitur yang tersedia disana. 

Seperti pada umumnya menu/fitur yang disediakan dari suatu blog akan menampilkan proses pengeksposan sebuah konten. Dalam hal ini di Fitur yang terdapat pada user Travelblog.id ini memiliki tembahan hal yang menarik dai segi tampilan maupun form yang ada yaitu meliputi :

(Fitur User di Travelblog.id)

Post artikel,
-    Artkel
-    Draft Arikel
-    Artikel pending
-    Dan Artikel diterbitkan
Video
-    Buat Video
-    Video Draft
-    Video Pending
-    Video diterbitkan
Rewards poin)
-    Dan tentang poin 

Rewards poin)

Lalu kita masuk ke Form Penulisan Artikel yang memang inilah sumber konten itu sendiri.

(Buat Artikel )


Terdiri dari “Judul” artikel yang akan menjadi objek utama dalam sebuah artikel.
Kemudian ada “ringkasan” dan kemudian di “Deskripsi” lah penuisan artikel dimulai.
Dalam menentukan Topik Artikel terebut ada Form “Katogori” yang bisa dipilih langsung dengan yang sudah tersedia. “tag” yang menandai apa saja yang akan kita sharing.




Kemudian ada Unggan Foto yang terkait dengan Artikel. Terdapat juga form unggah foto yang lain, juga ada form unggah video dan menuliskan deskripsi dari masing-masing video itu senidiri, Seperti gambardi atas tersebut.



Lalu beranjak ke proses dimana jika kita memungkinkan akan mengunggah sebuah video maka bisa langsung di sini. Sama halnya dengan proses cara pegunnggahan artikel, dalam form unggah video ini juga menyediakan hal yang sama.




Hanya saja form yang disedikan di nomor 1 adalah Url yang berasal dari situs lain seperti Youtube. Pengunggah hanya perlu menduplikat alamat Url video yang berasal dari aku youtube mereka.

Tersedia juga “judul” dari video yang di unggah tersebut.


Selanjutnya yaitu tentang poin. Disini berisi penjelasan bagaimana cara seseorang bisa mendapatkan poin, penambahan poin, pelanggaran poin, masa kadaluarsa poin, dan masa berlakunya sebuah poin.

Tentang poin itu sendiri adalah hadiah yang akan dberikan oleh pihak Travelblog.id. untuk mendapatkan hadiah tersebut maka terlebih dahulu harus mendapatkan poin. Ini adalah Program loyalty bagi kita atau contributor Travelblog.id yang sudah menjadi user.

Jadi seperti itulah kira-kira gambaran secara keseluruhan dari Travelblog.id ini.
Tentang kelebihan yang ada di Travelblog.id ini adalah memberikan pengalaman baru bagi traveller. Jelas sekali ini adalah manfaat yang secara tidak langsung dirasakan oleh traveler dalam menentukan pilihan dan apa saja yang harus dilakukan oleh seorang yang sering ataupun baru akan memulai sebuah perjalanan.
Pilihan yang banyak tersedia berupa solusi yang diberikan oleh Travelblog.id misalnya. Ini merupakan manfaat bagi public yang harus tahu sebelum menentukan arah dan tujuan.


Akhir kata dengan ulasan yang berbagai macam rupa, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.


"Jika ada sumur diladang bolehlah kita menumpang mandi,
Jika ada kata-kata yang kurang menyenangkan
Lain kali akan menulis lagi 😊 ."

Post a Comment

 
Top