0 Comment

Karnaval merupakan sebuah acara yang di khususkan untuk ajang pameran seni dan budaya di daerah tertentu. kali ini pameran yang dilaksanakan di Kabupaten jember adalah acara Karnaval Pandhalungan tahun 2018.

karena memang ini acara yang di anggap di pelopori oleh pihak pemerintah kabupaten jember, maka untuk menjadi peserta dalam kegiatan tersebut direkomendasikan langsung kepada jajaran dinas-dinas yang ada di kabupaten jember serta mungkin ada juga peran keikutsertaan masyarakat tertentu yang ingin ikut perpartisipasi dalam kegiatan atau acara ini.

Memang seperti biasa setiap tahunya pemerintah kabupaten jember mengisi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan berupa karnaval. acara ini biasanya melelahkan sekali. menapaki jalan yang panjang serta pakaian yang agak ribet kami dan teman-teman kantor diwajibkan ikut serta di acara itu. dan kali ini di penghujung tahun, desember 2018 ini bertepatan sekali dengan satu hari perpindahan tahun ke 2019, saatnya ganti presiden (hahaha, lari kesitu tanganku mengetik).


ya capek memang ikut karnaval ini, tapi waktu di jalan dan merasakan langsung, karena memang sebagai peserta, ini agak lain rasanya. di bilang capek tapi gak lelah, di bilang lelah tapi "rosone biasa ae" katanya temanku yang asli jember itu, haha. ternyata da kemungkinan kalau capek itu sudah hilang pada saat berjalan tanpa memikirkan kapan akan sampai. nah ini ternyata yang membuat kami semangat di jalan. jalan saja terus sampai tujuan.



Tema yang dibawa oleh dinas lingkkungan hidup kabupaten jember adalah " Jember maju dalam keberagaman". ini sangat sesuai dengan pakaian yang kamikenakan itu. dari berbagai macam jenis pakaian suku. mulai dari pakaian adat sumatera, jawa, bali, hingga papua dll.

Namun ternyata rasa capek  itu tidak terasa karena semangat yang diberikan dalam tatapan masyarakat sekitar kabupaten jember juga ikut serta menyaksikan kemeriahan acara karnaval ini. 

Sepanjang jalan itu ramai sekali memang. dari berbagai usia. banyak lah pokoknya. yang namanya dilihati sudah pasti. sekali lagi soal moment yang memang sangat bertepatan sekali dengan tahun baru dimalam harinya. tidak salah jika banyak masyarakat yang sekaligus menyaksikan berbagai macam tampilan yang dibawakan oleh peserta karnaval.


















Post a Comment

 
Top